5 Hal Pencegah Virus CORONA

Bagitipsehat, Tahun 2020 ini memang sedang diramaikan oleh kasus virus Corona atau Covid-19. Tentu ini menjadi kendala bagi setiap negara akhir-akhir ini. Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo secara nasional mengumumkan 2 WNI di Depok, Jawa Barat, yang menjadi suspek positif virus corona. Sontak seluruh penduduk negeri panik akan hal ini.
Di kesempatan lainnya, para dokter ahli menyerukan kepada masyarakat supaya tetap tenang dan tidak panik menghadapi virus berbahaya ini. Sebelum kita membahas cara agar terhindar dari virus corona ini, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa fakta seputar Coronavirus yang dipaparkan langsung oleh dokter spesialis terkemuka di dunia.

Corona menular melalui udara, cairan tubuh dan bersin. Aktivitas sehari-hari terkadang dapat membuat kita terjangkit virus ini. Tentu ini bukanlah suatu hal yang tidak mungkin. Karena, kita selalu bertatap muka dan bertemu dengan orang lain. Saat seseorang bersin, tanpa disadari bersin keluar dari hidung dapat terhirup ke hidung orang lain. Dan itu sangatlah berbahaya. Karena itu merupakan salah satu jalan untuk virus corona menular. Maka, hindari sebaik mungkin kontak secara fisik dengan setiap orang.

Corona tidak tahan sinar matahari. Benar adanya bahwa virus corona tidak mampu bertahan dalam sinar matahari. Hampir semua virus musnah jika berhadapan dengan sinar UV dari matahari. Anjuran untuk berjemur sangatlah efektif untuk dilakukan. Karena, suhu yang mencapai 50 derajat celcius dapat melemahkan semua virus yang ada.

Virus Corona sulit menular pada orang dengan daya tahan tubuh baik.Olahraga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan imun dalam tubuh kita. Sehingga, itu dapat membuat kita semakin kuat jika sewaktu-waktu di jangkit oleh virus.
Nah, sobat Bagitipsehat, sekarang kita sudah berkenalan dengan virus corona ini. Walau memang hingga saat ini belum ada obat penawar yang dapat menyembuhkan virus corona. Organisasi kesehatan dunia atau WHO juga menghimbau agar masyarakat menganggap serius akan masalah ini. Selanjutnya kita akan bahas 5 langkah dan cara agar sobat Bagitipsehat terhindar dari virus menyebalkan ini.

1. Perbanyak doa dan ibadah

Kita seringkali menganggap bahwa segala sesuatu yang menurut kita buruk sebagai hal yang merugikan. Kita tidak sadar bahwa sesungguhnya hal itu berasal dari prilaku kita sehari-hari. Bahkan, kita sering untuk bersuuzon kepada sang Pencipta. Alangkah malangnya nasib kita. Islam mengajarkan kepada kita untuk menjadi sebaik-baik manusia di muka bumi ini. 

Kita harus yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi sudah dalam ketetapan tuhan. sebagai mana Allah berfirman dalam kalam mulianya bahwasannya "Allah tidak membebani seseorang diluar kemampuannya" (Al-baqarah : 286). Sudah sepatutnya kita bersyukur setiap waktu atas apa yang telah kita miliki hari ini. Semoga kita tergolong dalam orang-orang yang di ridhai-Nya.
  
2. Seringlah mencuci tangan

Cara paling sederhana namun efektif digunakan untuk mencegah virus Corona adalah mencuci tangan. Tangan adalah anggota tubuh yang paling rentan digunakan sebagai media penularan dari virus. Oleh karena itu, cucilah tangan sesering mungkin setelah melakukan berbagai aktivitas dengan air yang mengalir dan sabun. Kita juga diwajibkan memastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih. Bahkan, hingga ke sela-sela jari dan kuku. 

Gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi segala virus dan kuman. Cucilah secara teratur agar potensi terjangkit virus sangatlah nihil.

3. Konsumsi Jahe dan rempah-rempah

Masyarakat indonesia sangatlah beruntung dikarenakan makanan dan minuman sehari-harinya merupakan penangkal bagi virus corona. Jahe memiliki kandungan vitamin yang dapat menghangatkan tubuh dan juga menyegarkan. Selain jahe, daun serai juga dipercaya sebagai rempah penangkal virus ini. 

4. Tidak berkunjung ke Negara yang tertular

Hal yang dianggap paling ceroboh adalah berkunjung ke negara yang sudah teridentifikasi virus corona. Tindakan semacam ini sangatlah konyol karena sama halnya kita menawarkan diri untuk dijangkit virus tersebut. Untuk sementara waktu, menetaplah di kota-kota yang bebas dari virus corona. Akan tetapi, jika memang sudah terjangkit, maka, menetaplah dikota tersebut. Karena dapat menyebabkan kerugian bagi masyarakat yang belum terjangkit. 

Sebagaimana pesan dari Nabi Muhammad SAW, jika suatu kaum terjangkit suatu wabah penyakit, maka alangkah baiknya mereka menetap di kota mereka. Adapun yang lainnya untuk tidak mengunjungi kota tersebut.

5.  Hindari hewan yang berpotensi menularkan virus corona

Kelelawar diduga kuat sebagai penyebab asal muasal virus ini. Penyebaran dilakukan melalui beberapa hewan mamalia dan reptil. Sebaiknya, kita menghindari hewan-hewan seperti ini.

Pemilihan terhadap apa yang dikonsumsi sangatlah diharuskan. Tanpa disadari, daging yang kita makan dari sembarang hewan adalah penyebab timbulnya virus mematikan ini. Oleh karena itu, saya sangat menyarankan sobat Bagitipsehat untuk bijak dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Saran saya jika anda merasakan gejala seperti flu, batuk, demam dan piler disertai lemas dan sesak nafas, apalagi anda yang barusaja pulang dari negeri terjangkit, segeralah periksa diri anda ke dokter atau rumah sakit terdekat. Supaya, penanganan dapat dilakukan dengan efektif dan efisien demi keselamatan kita semua. 




Previous
Next Post »