Masker Non Medis, Ini 4 Manfaat Masker Kain

Masyarakat umum dianjurkan oleh pemerintah untuk menggunakan masker kain, hal ini karena masker bedah diperuntukkan untuk tenaga medis yang membutuhkan. Bagi Anda yang tidak suka memakai masker, di rumah saja adalah pilihan yang  tepat. Meskipun tak seoptimal masker bedah, namun masker kain miliki banyak manfaat. Beikut penjelasannya!

1. Mudah Didapatkan

 

Selain bisa dibuat sendiri, bagi Anda yang tidak memiliki waktu masker tersedia di banyak tempat. Keuntungan lain dari mudah didapatkan, masker ini juga tersedia dengan harga murah. Dua hal tersebut menjadi penyebab masker kain mudah didapat. Anda bisa mendapatkan bahan-bahan yang ada di rumah Anda jika ingin membuatnya sendiri.

 

Cara ini lebih membuat Anda menghemat. Bahan-bahan ini seperti bahan katun kaos yang tak terpakai, kaos kaki katun, sarung bantal katun, bahkan kain perca. Anda bisa mudah mendapatkannya  tanpa perlu biaya. Jika ingin lebih cepat, Anda bisa memesan masker fullprint Namun tetap ingat agar memperhatikan kualitasnya.

 

2.Bisa Dicuci dan Dipakai Kembali

 

Masker yang terbuat dari kain, membuatnya bisa dipakai berkali-kali. Anda hanya perlu mencucinya dengan bersih dan benar. Cara mencucinya cukup dengan merendamkannya ke air hangat. Anda bisa menambahkan sabun anti bakteri untuk lebih menjaga  masker tetap steril. Setelah itu, masker dikeringkan di bawah naungan, jangan langsung terkena sinar matahari.

 

Setelah masker dicuci dan dikeringkan, Anda bisa menggunakannya langsung. Penggunaannya pun perlu diperhatikan caranya. Pastikan masker memiliki filter untuk menyaring udara kotor yang masuk ke masker. Anda juga harus memastikan untuk merapatkan masker ke wajah saat dipakai. Hal ini agar fungsi masker lebih optimal dan mencegah udara kotor masuk tanpa filter.

 

3.Cukup Efektif Menahan Penularan

 

Meskipun fungsinya yang tak seoptimal masker bedah, namun lebih baik menggunakan masker daripada tidak sama sekali. Fungsi utama dari masker kain lebih untuk menangkal dan mencegah penularan melalui droplet. Efektif mencegah virus hingga mencapai 83%. Persentase ini pun jika masker yang digunakan hanya terdiri  dari satu lapis.

 

Jika masker yang digunakan terbuat dari tiga lapis, maka keefektifan mencegah virus hampir mencapai 93%. Pernyataan ini cukup membuktikan bahwa mengenakan masker berbahan kain lebih efektif mencegah penularan daripada tidak menggunakannya sama sekali. Anda bahkan bisa menggunakan masker yang senada dengan busana yang Anda pakai.

 

4.Dapat Dibuat Sendiri

 

Seperti yang telah dijelaskan di poin pertama, masker kain sangat mudah untuk didapatkan. Selain itu, bagi Anda yang lebih suka berkreasi dan memiliki banyak waktu di rumah, Anda bisa membuat masker sendiri untuk keluarga. Bahan-bahan yang digunakan pun cukup bahan yang ada air rumah agar lebih menghemat dan lebih mematuhi aturan untuk tetap di rumah.

 

Itulah beberapa manfaat penggunaan masker kain yang perlu Anda ketahui. Anda juga bisa membuat atau memesan masker kain sesuai keinginan dan senada dengan baju yang akan Anda pakai. Saran ini memudahkan Anda dan lebih menghemat waktu untuk kegiatan lainnya.

Previous
Next Post »