Tips Memilih Fitting Pipa yang Tepat dalam Proses Instalasi

Instalasi pipa memang tidak bisa sembarangan, karena sedikit kesalahan akan memengaruhi kualitas produk yang dihasilkan secara keseluruhan. Untuk memasang pipa, seseorang juga harus mengenal secara mendalam mengenai fitting pipa.


Apa itu fitting pipa? Yaitu proses pemasangan yang ditujukan untuk menyambungkan antara pipa satu dengan pipa lainnya. Untuk melakukan fitting pipa ini juga ada harus bisa memilih fitting pipa mana yang cocok digunakan. Beberapa tips berikut mungkin bisa menjadi pedoman dasar untukmu.

Ketahui Cara Memilih Fitting Pipa yang Tepat

1.Gunakan fitting pipa jenis elbow untuk mengubah arah pipa

Ketika memasang pipa, biasanya kamu perlu membengkokkan sudut supaya pipa bisa mengarah ke arah yang kita inginkan. Untuk membengkokkan pipa, kamu bisa menggunakan fitting pipa jenis elbow.

Pipa ini memiliki bentuk seperti pipa biasa tapi agak bungkuk sesuai dengan sudut yang ingin dihasilkan. Ada yang 45 hingga 90 derajat, tergantung seberapa bengkok sudut yang dibutuhkan.

2.Gunakan fitting pipa Tee Y untuk memasang pipa bercabang

Apabila kamu ingin menyambungkan aliran dari beberapa pipa dan diarahkan ke satu arah saja, sangat disarankan menggunakan fitting pipa Tee. Sedangkan jika ingin menyabangkan satu aliran, bisa menggunakan fitting pipa Y.

Bisa dibilang, pipa Tee digunakan untuk dua input satu output, sedangkan pipa Y untuk satu input dua output. Selain itu, jika ingin mendapatkan input atau output lebih dari dua, bisa menggunakan fitting pipa jenis cross.

3.Gunakan fitting pipa reducer untuk menggabungkan pipa berbeda ukuran

Kamu mungkin sering melihat pipa berukuran besar yang disambungkan dengan pipa yang lebih kecil. Apabila kasusnya seperti itu, kamu bisa menggunakan fitting pipa reducer.

Seperti namanya, fitting pipa ini digunakan untuk menyambung pipa besar dan pipa kecil supaya outputnya lebih kecil dari inputnya.

4.Fitting pipa cap untuk menutup ujung pipa

Jika sudah tidak ada lagi aliran yang ingin disambungkan, kamu bisa menutup setiap ujung pipa yang tidak digunakan sebagai output menggunakan fitting pipa cap. Biasanya supaya fitting pipa ini tidak lepas-lepas, fitting pipa cap akan dilas.

Itu dia 4 tips dalam memilih produk fitting pipa yang tepat untuk membantu Anda dalam proses instalasi sistem perpipaan rumah tangga. Jika ingin menemukan produk sambungan atau fitting pipa dengan kualitas terbaik, jangan segan-segan untuk mengunjungi website www.rucika.co.id. Selain sebagai perusahaan pipa terbesar di Indonesia, Rucika terkenal dengan inovasi produk dengan menggunakan teknologi canggih dan harga pipa airnya yang terjangkau.

Previous
Next Post »